1.THINKS PAIR AND SHARE
===============================
KOMPETENSI DASAR : 1. Memberi contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
2. Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia
3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi
di lingkungannya.
Materi pokok : GLOBALISASI
*LANGKAH – LANGKAH :
1. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
2. siswa diminta untuk berpikir tentang materi /permasalahan yang disampaikan guru.
Disini permasalahan yang dibahas adalah: “APA SAJA PENGARUH GLOBALISASI BAIK DARI GAYA HIDUP,MAKANAN,PAKAIAN, KOMUNIKAS. BERIKAN CONTOHNYA DAN BERI PENDAPAT PENGARUH ITU BAIK ATAU TIDAK ALASANNYA APA”.
3.Siswa diminta berpasngan dengan temannya (2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing- masing.
4. Guru memimpin pleno keci diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
5. Berawal dari kegiatan tersebut , guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan pada siswa.
6. Guru memberi Kesimpulan.
7. Penutup (dengan memeriksa hasil kesimpulan yang didiskusikan bersama- sama, dan menyuruh seorang siswa untuk membacakan hasil kesimpulan tersebut sebagai penutup.
2.ROLE PLAYING
Kompetensi dasar : 1. Mengenal lembaga- lembaga Negara dalam susunan pemerintahan tingkat
pusat, seperti MPR,DPR, PRESIDEN, MA, MK, BPK, dll.
MATERI POKOK: SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT
LANGKAH – LANGKAH :
1. Guru menyusun/ menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
*disini guru menulis scenario berupa tugas – tugas MPR, DPR, PRESIEN, MAHKAMAH AGUNG, MAHKAMAH KONSTITUSI, KOMISI YUDISIAL(KY), BPK (BADAN PEMERIKSA KEUANGAN).
2. Menunjuk Beberapa siswa untuk mempelajari scenario dalam waktu
3. GURU MEMBENTUK KELOMPOK SISWA YANG ANGGOTANYA 5 ORANG.
4. Memberi penjelasan tentang kompetensi yang akan dicapai.
5. Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan scenario yang sudah dipersiapkan.
6. Masing- masing siswa berada dikelompoknya sambil mengamati scenario yang sedang diperagakan.
7. Setelah selesai ditampilkan, masing- masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing – masing kelompok.
8. Masing – masing kelompok menyampaikan hasil dkesimpulannya.
9. Guru memberikan kesimpulan secara umum.
10. Evaluasi
11. Penutup
3.Talking stick
MAPEL : BAHASA INGGRIS
KOMPETENSI DASAR : Menyebutkan benda- benda yang ada di sekitarnya (classroom/ ruang kelas)
Langkah – langkah :
1 Guru menyiapkan sebuah tongkat
2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi
* disini guru mempersilahkan siswa membaca buku “kamus ideal/ benda – benda didapur)
3. setelah membaca/ mempelajari materi , siswa menutup bukunya.
4. guru memberikan tongkat kepada siswa.lalu, siswa tersebut harus menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Begitu selanjutnya sampai seluruh siswa mendapat pertanyaan.
*kebijaksanaan g uru…bias member hadiah kepada siswa yang benar menjawab, seperti permen.
5.Guru member kesimpulan
Pada pembelajaran ini guru membaca kosakata bahasa inggris dan siswa mengikuti pronounce (cara pengucapannya)
6. Evaluasi
7. penutup
4.Snowball throwing
KOMPETENSI DASAR :
1. MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN BAHWA GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK
SUATU BENDA.
2. MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN BAHWA GAYA DAPAT MENGUBAH BENTUK SUATU BENDA.
LANGKAH- LANGKAH :
1.Guru menyampaikan materi yang akan disajikan, sesuai kd diatas.
2.Guru membentuk kelompok- kelompok dan memanggil ketua untukmemberi penjelasan tentang materi
3. masing-m asing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing- masing.
4. kemudian masing- masing siswa diberi satu lembar kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah disampaikan ketua kelompok.
5. kemudian soal yang ditulis tersebut dibentuk bola dan dilempar kepada siswa yang lain sekitar 15 menit.
6. setelah siswa dapat satu bola lalu penerima bola harus menjawabnya
Kebijaksanaan guru: biasanya saya membuat skor tiap kelompok untuk memacu tiap kelompok lebih bersemangat
7. evaluasi
8. penutup
5.SCRAMBLE
LANGKAH – LANGKAH :
1. GURU MENYAJIKAN MATERI SESUAI KOMPETENSI YANG INGI DICAPAI.
2. MEMBAGIKAN LEMBAR KERJA SESUAI CONTOH
CONTOH :
A
|
B
|
1.
SEBELUM
MENGENAL UANG ORANG MELAKUKAN JUAL BELI DENGAN PERTUKARAN…….
|
1.
TARREB…………………
|
2……….DIGUNAKAN
SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH
|
2.
GANU…………..
|
3.UANG…….SAAT
INI BANYAK DIPALSUKAN.
|
3. TRASEK
|
MEDIA
1. BUATLAH PERTanyaan yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai
2. Buatlah jawaban yang sudah diacak.
3. Agar tidak monoton menulis, guru menyiapkan huruf kartu huruf abjad, sehingga siswa disuruh kedepan menyusun huruf yang diacak tersebut.
6.Concept sentence
LANGKAH- LANGKAH
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan materi secukupnya
3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya + 4 orang secara heterogen
4. Guru menyampaikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan
5. Tiap kelompok disuruh membuat kalimat dari kata kunci tersebut.
6. Hasil diskusi didiskusika kembali
7. Kesimpulan
*guru mengarahkan siswa membuat kesimpulan yang sesuai materi.
NB : PEMBELAJARAN INI SANGAT MEMBANTUN SISWA UNTUK MENGHAPAL KATA- KATA PENTING PADA PELAJARAN LAIN SEKALIGUS BISA MENGAITKAN DENGAN PELAJARAN B. INDONESIA CONTOH: LABA, RABAT dsbg.
7.COMPLETE SENTENCES
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru menyampaikan waktu secukupnya, atau siswa disuruh membaca modul/ buku dengan waktu secukupnya
3. Guru membentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
4. guru membagikan lembar kerja yang berupa paragraph yang kalimatnya belum lengkap
5. Siswa berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban tersedia
6. Siswa berdiskusi secara kelompok
7. Setelah jawaban didiskusikan, jawaban yang salah diperbaiki .tiap peserta membaca sampai hapal dan mengerti.
8. kesimpulan
Media: Siapkan blangko isian berupa paragraph yang kalimatnya belum lengkap
9. MAKE – A MATCH
KELAS : V (LIMA)
Kompetensi dasar : mtum engidentifikasi fungsi organ pencernaan pada manusia
Media : kartu segiempat yang berisi alat- alat pencernaan dikartu lain juga dituli fungsinya. Contoh mulut,, lalu dikartu lai ditulis fungsinya “ mengunyah makanan”.
Langkah – langkah :
1.Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topic yang cocok untuk sesi review , sebaliknya satu bagian isi kartu soal sebahagian lagi isi kartu jawaban
2. setiap siswa mendapat satu buah kartu
3. tiap siswa memikirkan jawaban /soal dari kartu yang dipegang .
*pada pelajaran ini siswa disuruh mencari fungsi dari alat pencernaan yang dipegangnya.
4. setiap siswa mencari pasangannya dari jawaban kartunya.
5. siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
6.setiap satu babak kartu dikocok agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda
7. demikian seterusnya
8. kesimpulan/ penutup
10. DEBATE
LANGKAH – LANGKAH
1. Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang satu kontra
2. Guru memberikan materi yang nantinya akan dibahas /didebatkan oleh ke2 kelompok
3. Setelah, selesai membaca materi , guru menunjuk salah satu anggota pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelomusnya sampai sebahagian pok yang kontra. Demikian seterusnya sampai sebahagian besar siswa mengemukakan pendapatnya.
4. Sementara siswa menyampaikan pendapatnya, guru menulis ide- ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide yang diharapkan
5. Guru menambahkan kosep/ide yang belum terungkap
6. Dari data- data tersebut guru mengajak siswa membuat kesimpulan/ rangkuman yang mengacu pada topic yang ingin dicapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar