Sabtu, 22 September 2012

media gambar rpp IPS kls v



    
                  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA  SEKOLAH             : SDN  118236 AFD II PAT AEK BATU
MATA PELAJARAN          : BUDI PEKERTI
TEMA                                   : DIRI SENDIRI
SUB TEMA                          : BERSIKAP JUJUR, ADIL DAN BIJAK
KELAS/ SEMESTER         : VI/ 1
ALOKASI WAKTU             : 2 x 35 MENIT

Ø  KOMPETENSI DASAR   : 
-          Siswa bersikap jujur, adil dan bijak dalam  setiap perkataan maupun perbuatannya dalam kehidupan sehari- hari.

Ø  INDIKATOR                     :
-          Mampu bersikap jujur atas keadaan dirinya dihadapan orang lain
-          Berani bersikap tegas atas ketidakjujuran
-          Bersikap bijak dalam menghadapi setiap permasalahan
-          Bersikap adil ketika menghadapi maupun memutuskan suatu perkara

Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN  
-  siswa mampu bersikap jujur  dalam kehidupan sehari- hari
-          Siswa berani bersikap tegas atas ketidakjujuran
-          Siswa bersikap bijak/ arif dalam menghadapi setiap persoalan
-          Siswa bersikap adil dalam memutuskan setiap permasalahan

Ø  MODEL PEMBELAJARAN
CERAMAH, DISKUSI, TANYA JAWAB DAN PENUGASAN






Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru Mengkondisikan kelas siap dalam pembelajaran
-          Memeriksa kebersihan kelas
-          Menyiapkan kelas, pengucapan salam, berdoa
-          Mengabsen
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan  inti ( 50 menit)
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen, tiap kelompok terdiri menjadi 3 orang
-          Tiap kelompok ditugaskan membuat percakapan berdasarkan teks bacaan “langau dan sepasang lebah”.
-          Tiap kelompok  disuruh maju kedepan untuk mempraktikkan hasil percakapan yang mereka susun.
-          Selanjutnya, tiap kelompok mencatat hal- hal positif dari cerita tersebut dan menyuruh membacakan hasil kerjanya.
-          Guru memberikan pujian kepada kelompok yang :
a.       Kompak/ bekerjasama/ceria/antusias
b.      Yang hasil kerjanya paling bagus/ nyambung sesuai harapan guru.
 Kegiatan akhir (15 menit)
-          Guru memberi  penjelasan mengenai materi yang akan diajarkan
-          Guru mencontohkan dan memaknakan kepada siswa bagaimana sikap jujur, bijak, dan adil dalam kehidupan sehari- hari.
-          Guru member penugasan dirumah yaitu berupa soal yang didiktekan guru.
-          Salam penutup

Jawablah pertanyaan- pertanyaan dibawah ini.
1.      Mengapa lebah betina bertengkar dengan lebah jantan?
2.      Kepada siapakah lebah betina mengadu?
3.      Menurut kamu, siapakah yang berbohong lebah betina atau lebah jantan?
4.      Apabila kamu diganggu/ diejek temanmu ketika sedang belajar. Apa yang akan kamu lakukan  memukulnya atau mengadukan terlebih dahulu kepada gurumu?
5.      Tuliskan sifat- sifat yang kamu sukai dari ketiga binatang pada teks bacaan diatas, jika memang menurut kamu ada tuliskan dan beri alasannya?

Lampiran media 


LANGAU
Dan
SEPASANG LEBAH
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Suatu hari, seekor lebah betina terlihat sedang bertengkar mulut dengan seekor lebah jantan. Mereka sedang berdebat tentang kepemilikan sarang lebah.
Lebah betina menuduh lebah jantan telah mengambil banyak barang miliknya. Dan untuk kali ini lebah jantan ingin mengambil rumah miliknya. Lebah betina pun mengadu kepada seekor langau yang bijak tentang kejadian tersebut. Langau itu meminta kepada lebah jantan dan lebah betina untuk menghadapnya disuatu pengadilan.
Lebah jantan berkata dengan sombongnya, “ saya adalah lebah jantan yang kuat dan bertenaga. Jadi, sayalah yang membangun sarang itu”.
Lebah betina pun mengajukan pernyataan, “meskipun saya tidak terlalu kuat, tetapi saya membangun sarang itu sedikit demi sedikit. Saya membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menyelesaikannya.”
Langau yang bijak itupun akhirnya memutuskan untuk menghancurkan sarang tersebut. Ia berkata, “ kalian berdua harus membangun kembali sarang untuk tempat tinggal masing- masing, kita akan mengetahui siapakah yang sesungguhnya pemilik sarang yang sedang kalian perebutkan.”
Lebah betina langsung menyetujui putusan hakim langau itu. Tetapi, tidak dengan lebah jantan. Akhirnya, hakim langau yang bijak itu  memutuskan  bahwa lebah betinalah pemilik sarang tersebut.


KESIMPULAN
Adalah  intisari tujuan pembelajaran dari teks bacaan  yang dibuat guru   
 untuk akan ditanamkan guru pada siswa.
1.     Pada akhirnya ketidakjujuran akan terkuak juga
2.    Walaupun semut betina merasa dizalimi oleh semut jantan tapi semut betina  masih berpikir bijak dengan mendatangi orang yang tepat, semut betina tidak langsung emosi dan main hakim sendiri
3.    Kita harus bisa meniru sifat langau yang bijaksana, adil dalam menghadapi persoalan maupun mengambil keputusan serta bersikap tegas atas ketidakjujuran.





















                                                                                                                                     








Tidak ada komentar:

Posting Komentar